Apa sih bedanya KOL dan Influencer?


mestinya kedua profesi ini sudah tidak asing lagi bukan?, namun tidak banyak orang yang mengetahui perbedaan antara KOL dan Influencer, dan keduanya penting dalam dunia digital marketing lho,


sebagai anak komunikasi dan Penyiaran Islam, aku pengen sedikit menjelaskan kedua profesi yang kehadirannya tidak dapat diabaikan berikut saja karena memengaruhi serta terdapat penerapan dalam komunikasi massa yang dapat kita analisis bersama. baik dibawah ini aku akan bahas apa saja perbedaan antara KOL dan influencer.



  1. KOL (Key Opinion Leader)

KOL atau key opinion leader memiliki kekuatan audiens yang cukup besar. sama dengan influencer, KOL-pun dapat mempengaruhi keputusan pengikutnya untuk melakukan sesuatu, membeli produk ataupun menggunakan suatu layanan. Berbagai pendapat yang diutarakan seorang KOL sangat dipercaya oleh pengikutnya, tentunya karena dianggap ahli dalam bidang tertentu.


Cara membangun personan dan kredibilitas seorang KOL biasanya didapat dari pengalamannya di dunia nyata, atau bidang industri yang mereka geluti, Hal-hal yang mereka tekuni dalam kehidupan sehari-hari menghasilkan keahlian yang membantu karir mereka menjadi KOL


Meski, KOL lebih dapat dipercaya karena kredibilitas mereka adalah seorang ahli atau expert pada bidang industri yang mereka geluti, namun jangkauan mereka terbatas dibanding dengan influencer yang cakupannya lebih luas.


dan jika diperhatikan, KOL harus tetap memiliki pekerjaan professional di dunia nyata. sebagai contoh beberapa KOL memiliki profesi dokter, guru, psikolog, pengacara dan lain-lainnya sehingga karena profesinya tersebutlah, pendapat seorang KOL seringkali dinilai sangat valid.


  1. Influencer

berbicara mengenai influencer tidak bisa kita pisahkan dari pembuatan konten. seperti yang kita tau, influencer adalah seorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang lain untuk mencoba atau membeli suatu produk.


Influencer juga bisa diartikan sebagai orang yang memiliki audiens yang banyak di media sosial. Biasanya seorang influencer memiliki banyak platform media sosial sebagai sarana eksistensi sekaligus menjalin hubungan dengan para penggemarnya seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan YouTube. 


Dalam menghabiskan waktu setiap hari, seorang influencer biasanya cenderung memberikan 100% waktunya untuk aktivitas di digital marketing.


Mereka terbiasa berusaha membuat banyak jenis konten agar pengikut mereka mengetahui semua aktivitas mereka, sehingga mereka bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan membangun engagement yang keren banget.


Nah itulah perbedaan KOL dan influencer, setelah membaca artikel diatas kira kira kamu sudah dapat membedakan belum antara KOL dan influencer?



Komentar

Postingan Populer