Peluang Bisnis Media Masa Kini
Perkembangan teknologi terus melaju cepat dan mempengaruhi jurnalistik secara signifikan. Akan tetapi, modal kebutuhan untuk teknologi tidaklah murah, sehingga hanya beberapa media besar saja yang berpeluang untuk memenangkan kompetisi. Maka dari itu media massa mau tidak mau harus mengetahui fenomena maraknya perkembangan media industri media serta fenomena perkembangan dan konvergensi media pada masyarakat dunia agar medianya tidak tertinggal dan dapat terus bersaing dengan kompetitor lainnya.
Simak artikel berikut ini!
Sebelum membahas prospek media lebih lanjut, penting untuk mengetahui terlebih dahulu 2 tipe dari media yaitu Konvergensi Media dan Digitalisasi Media, definisi serta dampaknya.
1. Konvergensi Media
Dalam KBBI, Konvergensi adalah keadaan menuju satu titik pertemuan; memusat. Yang artinya konvergen ialah jalan yang bersifat menuju titik pusat, bersifat berpusat. Moving forward toward union or uniformity.
Konvergensi Media, fenomena yang menyertakan interkoneksi teknologi informasi dan komunikasi. Konvergensi media menyatukan "Tiga C" -Computing, Communication and Content maksudnya bergabungnya media yang sebelumnya dianggap terpisah dan berbeda yang meliputi media cetak maupun media elektronik (internet, telepon seluler, radio, surat kabar) menjadi satu dalam sebuah media tunggal. Melalui teknologi digital memungkinkan isi media dapat dikirim ke selueuh platform media luring maupun daring, dimana kemudian konsumen dapat menikmati melalui berbagai platform.
2. Digitalisasi Media
Digitalisasi adalah masa ketika teknologi digital semakin banyak digunakan dari berbagai kalangan.
Kemudian, Digitalisasi media adalah merupakan proses transformasi yang awalnya bersifat analog menjadi digital. Sehingga berdampak kepada produksi, distribusi, serta konsumsi media.
Dampak daripada berkembangnya sumber informasi dari media cetak ke media elektronik, antara lain :
perubahan cara berkomunikasi, Zaman sekarang orang orang sudah menggunakan internet, website, media sosial sehingga dapat berkonunikasi tidak hanya ketika tatap muka, juga bisa ketika jarak jauh. Serta perubahan penciptaan, pengelolaan, dan penggunaan informasi, dari media penyimpanan kertas ke media penyimpanan elektornik.
Karena digitalsasi inilah juga menjadi sebab peralihan bisnis konvensial pada media menuju bisnis media digital, Ivan Tanggono memberikan pendapatnya tentang 5 hal yang perlu diperhatikan agar media sukses di era digital, yakni understand audiens dan menyajikan kontent yang sesuai, enhance journalism, menulis berita tradisional dan digital itu berbeda. kemudia expands distributions, di mana dan chanel apa yang bisa digunakan mendistribusikan konten web, sosial media serta bagaimana cara mendapatakan pendapatan atau revenue. maka dari itu berbeda pula cara mempromosikan berita yang ada.
Sebelum terjun pada ranah periklanan media, baiknya kita mengetahui secara singkat ragam ragam iklan pada media :
- Iklan Konvensial
- Iklan Kontekstual
- Iklan Advertorial
- Iklan CPC (Cost per Click Advertising)
- Iklan Offline


jadi tercerahkan terimakasih informasinya
BalasHapus